Kisah Sukses Mark Zuckerberg Membirukan Bumi Dengan Facebook

kisah-sukses-mark-zuckerberg-bisnis-facebook-150x150 Kisah Sukses Mark Zuckerberg Membirukan Bumi Dengan Facebook
mark zuckerberg

Pada tanggal 4 Februari 2004, dari sebuah kamar asrama Harvard University, Amerika, seorang anak muda bernama Mark Zuckerberg yang pada saat itu baru berusia 20 tahun, meluncurkan situs pertemanan Facebook yang saat ini sangat popular di seluruh dunia.

Sebelum membuat Facebook, sebenarnya Zuckerberg telah bereksperimen dengan beberapa proyek, dimana proyek awalnya adalah Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-temannya.

Proyek berikutnya adalah facemash.com, yang merupakan situs pemeringkatan foto-foto mahasiswa di Harvard. Para pengunjung bisa memberikan tanda “keren” atau “jelek” foto seorang mahasiswa. Namun, situs itu hanya bertahan selam 4 jam, sebelum akses internetnya diputus oleh petugas administrasi kampus.

Zuckerberg pun dibawa ke Badan Administrasi Universitas Harvard dengan tuduhan mendobrak sistem keamanan komputer kampus, melanggar privasi di internet, dan melanggar hak cipta.

Namun hal itu tidak membuat Zuckerberg kapok, ia pun memjulai proyek Facebooknya, dan hanya butuh waktu dua minggu untuk menulis kode bahasa komputer situs pertemanan itu. Anggota pertama yang bergabung dalam Facebook adalah teman-temannya sendiri. Dalam jangka waktu dua minggu, sepertiga dari mahasiswa Harvard telah menjadi anggota tetap Facebook.

Sukses mempopulerkan situs itu ke Harvard, Zuckerberg ingin memperluas keanggotaan Facebook ke kampus lain. Dengan bantuan teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dia berhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa kampus di wilayah Boston. Dlam waktu singkat,  mereka meluncurkan Facebook ke 30 kampus.

Zuckerberg dan timnya kemudian pindah ke Palo Alto, California, dan mulai merangkul investor, seperti pendiri PayPal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker. Pada Agustus 2005, Zuckenberg secara resmi menamakan perusahannya Facebook. Setelah berhasil mengumpulkan modal 12,7 juga dollar AS, dia mengembangkan perusahaan ke level berikutnya.

Situs itu secara bertahap dan konsisten terus memperluas jaringan, sampai keluar Amerika dengan mengembangkan berbagai bahasa di dalamnya, termasuk bahasa Indonesia. Dan hingga saat ini tercatat lebih dari 350 juta pengguna aktif Facebook, mulai dari pelajar hingga professional. Facebook kini menjadi situs ke empat yang paling sering dikunjungi di dunia, dan di Indonesia sendiri mampu menjadi no.1 situs yang paling sering dikunjungi mengalahkan mesin pencari Google.

Semoga Anda terinspirasi! dengan kisah sukses Mark Zuckerberg di atas dan sukses dengan apapun yang sedang Anda lakukan saat ini

@ SaatnyaJadiPengusaha.Com
Download Ebook Bisnis & Internet Marketing klik disini
Gabung fan page Saatnya Jadi Pengusaha Klik Disini
PS : Cari ilmu & mentor buat belajar bisnis dan internet marketing ? Yuk! belajar langsung dari ahlinya klik disini >> BelajarDariAhlinya.Com
Artikel ini ditulis kembali oleh Pindar
Penyuka dunia usaha. Blogger, travelpreneur & internet marketer
Add me @ http://facebook.com/pindarnurcahya
Follow @ twitter.com/pindarnurcahya