Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

Kisah Sukses, Inspirasi Wirausaha Dari Tanah Tandus : Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

kisah-sukses-inspirasi-wirausaha-150x150 Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan
inspirasi wirausaha

Inspirasi Wirausaha SaatnyaJadiPengusaha.Com.

Eddy Sukirman datang ke Jakarta hampir 40 tahun silam. Ia datang dari kampung halamannya di Gunung Kidul. Berasal dari daerah nan tandus tersebut ia menggenggam cita-cita sederhana : menjadi buruh pabrik.

Kini Eddy Sukirman (37) memiliki 12 perusahaan di bawah naungan Duta Group dan menghidupi sekitar 300 karyawan.

Bagaimana ceritanya ??

Tentu bukan kisah ajaib kaya dalam semalam, karena Eddy, yang kini tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, harus banting tulang selama bertahun-tahun. Eddy meninggalkan Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, pada tahun 1975, saat ia masih berusia sangat muda, yaitu 18 tahun.

Ke Jakarta dengan modal nekat, tekad, dan sejumput uang dari orangtua dan tetangga sekampung yang hanya cukup untuk biaya hidup sebulan.

“ Dulu cita-cita saya ke Jakarta Cuma pengen jadi pegawai pabrik. Soalnya kalau hanya tinggal di kampong, ya mesti bertani atau angon kambing “kata Eddy.

Setibanya di Jakarta, Eddy numpang tinggal di sebuah kamar kontrakan yang dihuni teman satu kampungnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Eddy pun bekerja serabutan. Dia pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga selama dua minggu sebelum kemudian beralih menjadi buruh pabrik jamu.

Tidak puas dengan apa yang dihasilkan, Eddy keluar dari pekerjaannya dan menjadi distributor jamu dan obat.

Ketika karir mulai menanjak, Eddy harus menelan pil pahit karena usahanya kolaps dan terbelit hutang. Eddy tidak menyerah. Ia bangkit dan menata hidupnya. Pada 1987, Eddy mendapat pekerjaan sebagai pegawai pemasaran produk antirayap. Karena kegigihannya, Eddy pun dipromosikan.

“ Seluruh hutang bisa saya tutup saat itu. Bahkan, saya juga berhasil beli rumah setelah tujuh kali pindah kontrakan “ucap Eddy tersenyum.

Dua tahun bergelut memasarkan produk, dimanfaatkan Eddy untuk mempelajari seluk beluk bisnis dan membina jaringan. Hasilnya, Eddy membuka usaha produk antirayap sendiri dengan nama PT. Duta Chemical. Berawal dari sini jalan kesuksesan terus ditapaki Eddy.

Kini, bapak tiga anak ini berhasil mendirikan 11 perusahaan lain yang bergerak di bidang konstruksi, pembuatan genteng, penyalur peralatan militer, tambang batubara, dan tambang nikel. Saat ini, Eddy berhasil mempekerjakan setidaknya 300 karyawan di 12 perusahannya.

Meski begitu, Eddy Sukirman tidak melupakan kampung halamannya. Ia, misalnya membangun klinik di lahan seluas 2000 meter persegi dengan biaya milyaran rupiah untuk membantu warga yang tinggal di desa yang berjarak 20 km dari Wonosari, pusat kota Gunungkidul, tak harus jauh-jauh lagi ke rumah sakit jika ingin melahirkan atau berobat ketika sakit.

Semoga menginspirasi!
@ SaatnyaJadiPengusaha.Com
Sumber tulisan : Kompas
Download Ebook Bisnis & Internet Marketing Klik Disini
Gabung fan page Saatnya Jadi Pengusaha Klik Disini
PS : Cari ilmu & mentor buat belajar bisnis dan internet marketing ? Yuk! belajar langsung dari ahlinya klik disini >> BelajarDariAhlinya.Com
Artikel ini ditulis kembali oleh Pindar
Penyuka dunia usaha. Blogger, travelpreneur & internet marketer
Add me @ http://facebook.com/pindarnurcahya
Follow @ twitter.com/pindarnurcahya