Cerita Bisnis si Cantik Barbara Millicent Roberts

Seri Artikel Cerita Bisnis – Kisah Sukses Pengusaha

Semua berawal dari dada ..

Ah, cerita ini tidak bermaksud vulgar, tapi memang ide bisnis yang brillian ini kisahnya berawal dari dada ^_^

Bermula di suatu sore ketika istri dari salah seorang pendiri Mattel, sebut saja dia Ny. Handler atau Ruth Handler (nama sebenarnya) menyaksikan anak perempuannya yang bernama Barbara tengah bermain dengan boneka kertas. Dari peristiwa tersebut ada sesuatu yang mengganggunya, dan ia pun lalu terinspirasi untuk membuat sesuatu yang sedikit lebih permanen dan realistik.

“Jika seorang gadis kecil hendak bermain sandiwara bagimana nantinya jika dia berusia 16 atau 17, akan merupakan sesuatu yang sedikit konyol jika dia bermain dengan boneka yang lempeng alias bertubuh rata?”.

Tak lama kemudian pemikiran baru pun muncul, dan ia memberinya sedikit tambahan di bagian dada.

Itulah saat bersejarah ketika muncul ide tentang sosok boneka perempuan cantik bernama Barbara Milicent Roberts atau lebih dikenal dengan nama BARBIE.

Jika diwujudkan dari ukuran boneka menjadi kenyataan, Barbie akan memiliki tinggi tujuh kaki dengan kaki setinggi lima kaki. Ukuran tubuhnya  40-22-36. Boneka Barbie ini dibeli setiap dua detik. Itu berarti bernilai lebih dari satu milyar dan terus bertambah. Barbie, yang pertama kali dimunculkan pada saat Pameran Mainan Anak Tahunan di New York 1959, sekarang merupakan industri bernilai 1,9 milyar dollar. Benar-benar sebuah boneka yang wah!

Kemunculan Teman-Teman Barbie

kisah-sukses-inspirasi-wirausaha-150x150 Cerita Bisnis si Cantik Barbara Millicent RobertsDari awalnya hanya sendirian, Barbie kemudian memiliki “teman-teman”baru. Dimulai pada tahun 1961 ketika diperkenalkan sosok pria dalam kehidupan Barbie yang bernama Ken.

Keputusan untuk memperluas merek Barbie melalui pengenalan Ken ini kemudian menjadi dasar seluruh rangkaian perluasan yang mempertahankan merek Barbie tetap menjadi pusat perhatian.

Setelah kehadiran Ken yang dianggap sebagai sebuah ketidaksengajaan yang tepat, pada tahun 1963 muncullah teman Barbie lainnya yaitu Midge, disusul kemudian oleh Skipper, adik perempuan Barbie yang tidak begitu dikenal, pada tahun 1964.

Tahun 1968 Barbie menerobos batas kebudayaan dengan teman kulit hitamnya, Christie, lalu di 1988 seorang teman Hispanik, Teresa, menjadi teman kepercayaan Barbie. Teman berikutnnya adalah Kira, teman Barbie dari Asia yang muncul pada tahun 1992, diikuti adik perempuannya terkecil, Stacie, adik perempuan yang susah diatur, Kelly dan pada 1997 hadirlah Becky yang duduk di kursi roda.

kisah-sukses-inspirasi-wirausaha-150x150 Cerita Bisnis si Cantik Barbara Millicent Roberts
cerita bisnis boneka Barbie

Perluasan merek Barbie mengajarkan ilmu manajemen penting untuk pengembangan produk, dimana Barbie benar-benar telah mencakup setiap fashion yang buruk dan terbaru dengan sentuhan kebebasan. Saat ini Barbie menjadi komplit dengan 15.000 kombinasi. Anda bisa mengganti bajunya, matanya, warnanya – tapi JANGAN COBA-COBA berpikir untuk mengganti kakinya :).

www.SaatnyaJadiPengusaha.com
… dimana ada Ide, Inspirasi dan Peluang Usaha.

sumber-sumber :