Menangkap Momen! Sebuah Kunci Supaya Bisnis Bisa Laris Tanpa Ngemis-Ngemis

Peluang bisnis bisa datang kapan saja. Bahkan saat kita sedang liburan sekalipun.

Seperti yang dilakukan oleh Jordan Belfort.
kisah-sukses-inspirasi-bisnis-wirausaha-jordan-belfort Menangkap Momen! Sebuah Kunci Supaya Bisnis Bisa Laris Tanpa Ngemis-NgemisPada tahun 1976, dirinya bersama seorang teman bermain ke pantai untuk menyegarkan diri. Belfort bercerita, ada sekitar satu juta warga New York yang pergi ke pantai tersebut.
Alhasil, para penjual minuman dan makanan menjadi sasaran para pengunjung pantai. Berbeda dengan anak seusianya yang akan mengabaikan keramaian itu, Belfort justru menangkapnya sebagai peluang untuk mencetak uang.
Melihat situasi yang dihadapinya, Belfort berusaha mencari sesuatu yang lebih dingin dari sekadar air mineral dan jus. Besoknya, ia pun datang ke pantai dan menjual es krim Italia dari pendingin Styrofoam.
Hasilnya ? Ia pun berhasil mencetak uang sebesar US$120 atau setara dengan US$300 (Rp. 3,6 juta) saat ini.
Musim panas tahun berikutnya, dagangan Belfort semakin laris manis. Bersama temannya, ia mampu mendulang uang hingga US$ 26 ribu. Sebuah jumlah yang sangat besar untuk ukuran tahun itu.
Berawal Dari Momen PiDay, Menjadi Sukses di Teespring
Kisah sukses menangkap momen ini tentu juga pernah Anda dapatkan jika Anda membaca artikel Albert Leonardo, Guru yang Sukses di Bisnis Online
Nama Albert Leonardo melejit ketika berhasil memasarkan kaos melalui platform Teespring.com.
kisah-sukses-inspirasi-bisnis-wirausaha-jordan-belfort Menangkap Momen! Sebuah Kunci Supaya Bisnis Bisa Laris Tanpa Ngemis-NgemisSeperti yang dikisahkan oleh Albert sendiri, kisahnya dimulai ketika ia membuat design kaos dengan mentarget sebuah perayaan yang diadakan setiap tahun di US, yaitu Pi Day. Mereka merayakan Pi Day setiap tahun di tanggal 14 Maret, atau March 14, atau lebih spesifik lagi : 3.14, yang melambangkan Pi, sebuah simbol matematika yang memuat nilai 3.14159265358979323… dan tidak ada ujungnya.
Pi adalah salah satu konstanta yang sangat seksi dan memikat di kalangan matematika. Pi sudah ditemukan dan diteliti sejak Mesir Kuno, berlanjut ke Archimedes, China, India, Arab dan sampai sekarang.
Pi digunakan di banyak bidang. Kenapa? Kita tahu sebuah lingkaran sangat berhubungan dengan pi. Dan lingkaran muncul hampir di mana saja dan di banyak sisi kehidupan.
Intinya, Pi Day itu sangat disukai kalangan matematika dan dirayakan setahun sekali. Mereka bahkan mengadakan kontes menghafal digit terbanyak Pi, acara makan Pie (plesetan dari Pi), dan lain-lain. Dan uniknya pada saat Albert mengamati ini adalah pas pada momen Pi Day of the Century, yang terjadi seabad sekali.  Maret 14, 2015
Albert kemudian melihat trend ini dan menawarkan design ini ke pasar. Ternyata, banyak orang US yang suka dan memesan kaos itu. Hasilnya ? dalam dua bulan, design kaos ini laku terjual hingga 20,000 pcs dengan menggunakan facebook ads. Sebuah angka fantastis yang membuat Albert dikenal sampai mancanegara hingga diminta membuat kursus PiScaled dan terakhir ini, TeeMastery, sebuah kursus cara bisnis kaos profit dollar dengan menggunakan metoda facebook marketing.
Om Telolet Om …
Beberapa hari terakhir ini kita pastinya juga “disibukkan” dengan fenomena yang mewabah di dunia sosmed yaitu kalimat “Om Telolet Om“. Ada yang terhibur, ada juga yang merasa jengkel dengan “hal sepele” ini, akan tetapi mereka yang jeli menangkap peluang akan langsung bergerak dan mencari tahu bagaimana caranya menghasilkan uang dengan menangkap momen yang terlanjur populer ini.
Sekarang mari kita coba melakukan “survey” di platform internasional, teespring.com. Meskipun om telolet om merupakan ungkapan khas Indonesia, namun nyatanya pada saat tulisan ini dimuat, terdapat sekitar 600 produk yang mengusung tema “om telolet om” di teespring dengan berbagai pilihan warna dan desain. Tiga di antaranya bisa dilihat di bawah ini :

kisah-sukses-inspirasi-bisnis-wirausaha-jordan-belfort Menangkap Momen! Sebuah Kunci Supaya Bisnis Bisa Laris Tanpa Ngemis-Ngemis
beberapa contoh kaos di teespring dengan tema Om Telolet Om, Banyak juga ya ternyata yang mencoba memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis mereka 🙂

Bagi Anda yang lebih suka “mengincar” pasar dalam negeri, maka momen ini pun bisa dimanfaatkan dengan mencari tahu produk apa yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh, tengok saja apa yang ada di sekeliling kita. Apa yang digandrungi oleh kawan-kawan kita.

kisah-sukses-inspirasi-bisnis-wirausaha-jordan-belfort Menangkap Momen! Sebuah Kunci Supaya Bisnis Bisa Laris Tanpa Ngemis-NgemisSalah satu contoh kreatif datang dari member Buat Casing, yang membuat desain custom casing khusus dengan tema om telolet om. Kita tahu bahwa gadget tidak bisa dilepaskan dari masyarakat kita saat ini. Bahkan bisa dibilang benda ini selalu dipegang atau ditimang-timang sehingga dapat dibilang bahwa pasar untuk produk ini pun relatif besar.

Dengan membuat custom casing yang relevan, maka peluang kita untuk meraih profit pun menjadi terbuka. Katakanlah, kita mengambil profit Rp. 40 ribu per casing dan setiap hari minimal cuma laku 1 custom casing ini.

Maka dalam satu bulan kita sudah bisa meraih profit Rp. 40 ribu x 30 hari = Rp. 1.200.000,-

Hasil yang lumayan juga kan ? mau jadi member buat casing ? daftar hari ini di dropship aja untuk mendapatkan bonus membership buatcasing dan memulai bisnis custom casing Anda. (baca juga artikel : Mau Bisnis Gadget, Casing dan Ribuan Produk Lainnya ? Disini Anda Dapat 2 in I Dengan 5000 Produk Siap Dipasarkan )
Contoh perhitungan di atas tadi bisa kita dapatkan dari satu tema yang datang dari momen yang bisa kita tangkap sebagai peluang bisnis. Tentu saja masih banyak momen-momen lain yang bisa kita manfaatkan untuk meraih penghasilan untuk bisnis yang akan kita jalankan.
Kuncinya adalah berpikir kreatif, karena momen spesial untuk bisnis ini tidak selalu datang dua kali.
Tangkap peluang, selagi masih ada momennya.
Mereka bisa. Kita juga pasti bisa 🙂
Semoga bermanfaat.
www.SaatnyaJadiPengusaha.com
Berbagi Ide, Inspirasi dan Peluang Usaha
sumber-sumber :
http://www.ayopreneur.com/internasional/menangkap-momen-peluang-bisnis
http://jordanbelfort.com