TEPSOR : Tabung Pengolah Sampah Organik yang Ramah Lingkungan

Seri Artikel Produk UKM

Hai sobat pengusaha dan calon pengusaha,

Sempat berkunjung ke Pekan Raya Jakarta 2015 di Kemayoran beberapa waktu lalu ?

Di antara berbagai produk yang dipamerkan, terdapat satu benda menarik yang terletak di stand-stand Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikembangkan oleh berbagai dinas dan Pemda/Pemkot di Jakarta.

tempat-pengelolaan-sampah-organik-tepsor-150x150 TEPSOR : Tabung Pengolah Sampah Organik yang Ramah LingkunganBenda tersebut tak lain berbentuk sebuah “tong” berwarna kuning mencolok dengan beberapa tambahan aksesoris aneh di atasnya yang diberi nama “TEPSOR”

Apakah Tepsor itu ?

TEPSOR merupakan tabung fermentasi sampah organik, yaitu tempat pengolah sampah organik menjadi sumber energi gas, pupuk cair dan pupuk padat.

Tepsor dibuat oleh bapak Eko H. Waluyo dan telah difungsikan untuk masyarakat RT 011 RW 07 Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan Kota Administrasi Jakarta Barat sejak 13 September 2011 lalu.

Tepsor sendiri merupakan tabung kedap udara, Meski teknologi biogas bukan merupakan teknologi yang baru, namun di Indonesia, masih terbatas pada pemanfaatan kotoran ternak sapi sebagai bahan bakunya.

Keunggulan Tepsor

tempat-pengelolaan-sampah-organik-tepsor-150x150 TEPSOR : Tabung Pengolah Sampah Organik yang Ramah LingkunganKeunggulan Tepsor yaitu merupakan sistem pengelolaan sampah domestik dengan teknologi tepat guna yang tuntas, simpel dan praktis dan ramah lingkungan. Sampah diubah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat yaitu energi Biogas, Pupuk Cair dan Pupuk Padat :

  • Tidak memerlukan pencacahan, pembalkan dan pengayakan.
  • Tidak ada unsur kimia dalam pengelolaannya.
  • Tidak menimbulkan bau menyengat

Untuk model kegiatan pemilahan sampah organik menggunakan Tepsor sendiri cukup sederhana, dimulai dengan memilah sampah rumah tangga, kemudian sampah organik diolah dalam tepsor, dan selanjutnya hasil pengolahan tersebut akan menghasilkan energi pembangkit, gas methan dan juga kompos.

Salah satu contoh hasil pemanfaatan adalah berupa produksi pupuk cair organik “Pironik” yaitu pupuk organik yang banyak mengandung nutrisi, hara makro mikro, asam amino, organik dan hormon perangsang tumbuh dalam jumlah dan kompisisi berimbang, yang dapat meningkatkan pembentukan klorofil serta memperbaiki struktur tanah secara alami.

tempat-pengelolaan-sampah-organik-tepsor-150x150 TEPSOR : Tabung Pengolah Sampah Organik yang Ramah Lingkungan

Pengembangan Tepsor

Sebagai usaha kecil menengah, belum banyak pengusaha besar yang mau menyentuh pengembangan untuk teknologi Tepsor, sehingga masih terbuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis atau mengembangkan praktek usaha kecil menengah ini.

Harga produksi satu buah tepsor adalah sekitar 7-8 juta rupiah untuk kapasitas hasil sekitar 500 lt.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan info lebih detil tentang TEPSOR ini maka Anda bisa melakukan kontak dengan kami terlebih dahulu di nomor WA/SMS 081519901810 untuk kami teruskan kepada bapak Eko H.Waluyo.

Ya, TEPSOR : tempat pengolah sampah organik ini butuh sentuhan tangan Anda untuk membuatnya jadi berkembang dan bahkan dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa LIKE Fan Page kami untuk mendapatkan update ide, inspirasi dan peluang usaha terbaru. KLIK DISINI >> Saatnya Jadi Pengusaha
 
Gabung juga di Grup >> Entrepreneur’s Corner Indonesia untuk download ebook-ebook Ide Bisnis & Kisah Sukses Pengusaha

www.SaatnyaJadiPengusaha.com
tempat-pengelolaan-sampah-organik-tepsor-150x150 TEPSOR : Tabung Pengolah Sampah Organik yang Ramah Lingkunganartikel ini ditulis oleh : Paman Pin, blogger & internet marketer. Penyuka dunia usaha dan Pengelola media bisnis buku & produk digital Indonesia di cafebuku.com, Kedai Kaos Kreatif dan Mbah Muslim.