Simak Rahasia John Hammergren Mengembangkan McKesson Corporation

Hai sobat KampungBisnis.com,

Sebelumnya mungkin Anda sudah membaca artikel Kisah Sukses McKesson Corporation : Gemilang Berkat Fokus pada Bisnis Kesehatan. Di balik kesuksesan perusahaan tersebut selalu ada tokoh yang dianggap berhasil menerapkan nilai-nilai tertentu pada perusahaan yang dipimpinnya. Dalam hal ini, kesuksesan McKesson tidak terlepas dari faktor kepemimpinan CEO dan Chairman mereka, John Hammergren.

Apa Kunci Kesuksesan John Hammergren ?

Utamakan Kepuasan Pelanggan, Bangun Integritas Perusahaan

Dalam memimpin perusahaannya, John Hammergren ternyata mengimplementasikan dua hal paling fundamentalis dalam keberlangsungan bisnis, yaitu :

  1. Dia menerapkan prinsip budaya berbagi yang disebut dengan ICARE

ICARE merupakan penjabaran dari fokus pelanggan, akuntabilitas, penghormatan, dan terbaik.

” Saya orangnya sederhana. Jadi ICARE merupakan integritas.” ungkap Hammergren, dilansir Referense for Business. ” Kamu bisa melakukan hal baik dan menuju jalan tinggi serta mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan di mana kamu berada di organisasi yang mengutamakan tindakan berintegritas,” katanya.

2. Prinsip kedua yang dikembangkan Hammergren adalah program penilaian bisnis yang difokuskan pada nilai saham.

Kemudian ia menerapkan “penilaian” yang diumumkan di depan seluruh perusahaannya. Penilaian karyawan itu dilaksanakan berdasarkan survey reguler tentang kepuasan pelanggan.

” Ketika kepuasan pelanggan meningkat, upaya pemulihan berjalan normal,” ungkapnya.

Selain kepuasan pelanggan, Hammergren juga memperhatikan tingkat kepuasan karyawannya. Dia juga menerapkan Six Sigma yaitu dengan mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan mengorganisasi ulang.

Untuk membangun perusahaannya yang sukses, Hammergren juga sangat memperhatikan pendapatan sebelum pajak serta menggunakan aset yang efisien.

Dengan pencapaian dan strateginya ini, tidak heran jika banyak orang menganggap John Hammergren sebagai CEO terbaik.

” Hammergren mampu membawa angin segar dalam dunia kepemimpinan. Hammergren itu CEO yang ramah, pembangun tim yang baik, dan sangat komunikatif,” ungkap Justin Martin, pengamat industri di Amerika Serikat.

Berkat kepemimpinan Hammergren, kini McKesson menguasai penjualan obat mencapai 50% di rumah sakit dan 20% di kalangan dokter. McKesson dikabarkan mengirimkan sepertiga obat yang digunakan di Amerika dan lebih dari 16 negara. “McKesson merupakan salah satu distributor obat terbesar,” ujar Hammergren.

Bukan hanya bergerak di dunia obat, Hammergren juga kini berekspansi ke bidang teknologi. Dia merekrut ratusan ahli teknologi.

Profil John Hammergren

profil.kisah_.sukses.cerita.bisnis.kesehatan.john_.hammergren.ceo_.mckesson.corporation Simak Rahasia John Hammergren Mengembangkan McKesson Corporation
John Hammergren, CEO & Chairman McKesson Corporation. sumber : McKesson.com

Hammergren lahir di St. Paul, Minnesota, pada 20 Februari 1959. Ayahnya adalah penjual obat yang terkenal di industri kesehatan. Setelah sekolah di Jefferson High School di Alexandria, Minnesota, dia melanjutkan kuliah administrasi bisnis di Universitas Minnesota pada 1981.

Kemudian, setelah lulus kuliah, Hammergren bekerja selama 10 tahun di American Hospital Supply sambil menyelesaikan program MBA dari Universitas Xavier pada 1987. Kemudian, dia bekerja di Lyphomed. Pada 1991, dia direkrut Kendall Healthcare Products.

Selanjutnya, pada 1996, Hammergren bergabung dengan McKesson untuk menjalankan divisi penjualan obat resep ke rumah sakit. Pada 1999, setelah skandal korupsi McKesson terbongkar, dia ditunjuk sebagai presiden dan Co-CEO kemudian menjadi CEO pada 2001 dan Chairman pada 2002.

CEO dengan Gaji Tertinggi di AS

Hammergren berhasil menjadi CEO dengan gaji tertinggi di AS dengan total pendapatan mencapai USD 700 juta. Gaji tinggi Hammergren ternyata pernah diprotes Gleen Gray, seorang karyawan McKesson, pada 2013. Gray meminta kenaikan gaji karyawan pada rapat tahunan perusahaan. Empat bulan kemudian, dia dipecat. Pada Juni 2014, Gray kembali datang ke rapat tahunan dan meminta bonus senilai USD 292 juta untuk didistribusikan kepada pegawai bergaji rendah. Tapi, proposal Gray kembali ditolak para pemegang saham.

Berbagai penghargaan diraih Hammergren. Dia meraih Cap Gemini Ernst & Young Leadership Award for Global Integration pada 2004. Kemudian, dia dianggap sebagai CEO terbaik di dunia versi Harvard Business Review pada peringkat #53 pada 2014 dan nomor #63 pada 2015.

www.KampungBisnis.com
Berbagi Cerita, Ide dan Peluang Bisnis

Join Media :
fan page : KampungBisnis.com
instagram : @kampungbisnis_pengusaha
telegram : Buka Ide Bisnis

sumber artikel : Koran Sindo, 6 Oktober 2017
sumber gambar : McKesson.com