KampungBisnis adalah tempat pasang iklan bisnis dan lowongan kerja. Silakan gabung dan promosikan produk Anda disini. Mudah pengaturannya, penggunaannya dan cara kerjanya.
Beranda » » » Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

Ditulis pada: 8 August 2018 | Kategori: ,

yes-218x300 Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

gambar merupakan ilustrasi

Eddy Sukirman datang ke Jakarta hampir 40 tahun silam. Ia datang dari kampung halamannya di Gunung Kidul. Berasal dari daerah nan tandus tersebut ia menggenggam cita-cita sederhana : menjadi buruh pabrik.

Kini Eddy Sukirman (37) memiliki 12 perusahaan di bawah naungan Duta Group dan menghidupi sekitar 300 karyawan.

Bagaimana ceritanya ??

Tentu bukan kisah ajaib kaya dalam semalam, karena Eddy, yang kini tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, harus banting tulang selama bertahun-tahun. Eddy meninggalkan Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, pada tahun 1975, saat ia masih berusia sangat muda, yaitu 18 tahun.

Ke Jakarta dengan modal nekat, tekad, dan sejumput uang dari orangtua dan tetangga sekampung yang hanya cukup untuk biaya hidup sebulan.

“ Dulu cita-cita saya ke Jakarta Cuma pengen jadi pegawai pabrik. Soalnya kalau hanya tinggal di kampong, ya mesti bertani atau angon kambing “kata Eddy.

Setibanya di Jakarta, Eddy numpang tinggal di sebuah kamar kontrakan yang dihuni teman satu kampungnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Eddy pun bekerja serabutan. Dia pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga selama dua minggu sebelum kemudian beralih menjadi buruh pabrik jamu.

Tidak puas dengan apa yang dihasilkan, Eddy keluar dari pekerjaannya dan menjadi distributor jamu dan obat.

Ketika karir mulai menanjak, Eddy harus menelan pil pahit karena usahanya kolaps dan terbelit hutang. Eddy tidak menyerah. Ia bangkit dan menata hidupnya. Pada 1987, Eddy mendapat pekerjaan sebagai pegawai pemasaran produk antirayap. Karena kegigihannya, Eddy pun dipromosikan.

“ Seluruh hutang bisa saya tutup saat itu. Bahkan, saya juga berhasil beli rumah setelah tujuh kali pindah kontrakan “ucap Eddy tersenyum.

Dua tahun bergelut memasarkan produk, dimanfaatkan Eddy untuk mempelajari seluk beluk bisnis dan membina jaringan. Hasilnya, Eddy membuka usaha produk antirayap sendiri dengan nama PT. Duta Chemical. Berawal dari sini jalan kesuksesan terus ditapaki Eddy.

Kini, bapak tiga anak ini berhasil mendirikan 11 perusahaan lain yang bergerak di bidang konstruksi, pembuatan genteng, penyalur peralatan militer, tambang batubara, dan tambang nikel. Saat ini, Eddy berhasil mempekerjakan setidaknya 300 karyawan di 12 perusahannya.

Meski begitu, Eddy Sukirman tidak melupakan kampung halamannya. Ia, misalnya membangun klinik di lahan seluas 2000 meter persegi dengan biaya milyaran rupiah untuk membantu warga yang tinggal di desa yang berjarak 20 km dari Wonosari, pusat kota Gunungkidul, tak harus jauh-jauh lagi ke rumah sakit jika ingin melahirkan atau berobat ketika sakit.

Dapatkan Ide, Cerita dan Peluang Usaha
Gabung Yuk, di channel CoffeeBreak! Preneur, Klik Disini

Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan | KampungBisnis.com

Tags:

Belum ada Komentar untuk Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

r Artikel Blog Terbaru
profil.kisah.sukses.cerita.bisnis.kesehatan.john.hammergren.ceo.mckesson.corporation.2017

Simak Rahasia John Hammergren Mengembangkan McKesson Corporation

P 8 August 2018 ,

Hai sobat KampungBisnis.com, Sebelumnya mungkin Anda sudah membaca artikel Kisah Sukses McKesson Corporation : Gemilang Berkat Fokus pada Bisnis Kesehatan. Di balik kesuksesan perusahaan tersebut selalu ada tokoh yang dianggap berhasil menerapkan nilai-nilai tertentu pada perusahaan yang dipimpinnya. Dalam hal ini,... Selengkapnya)

kisah.sukses.cerita.bisnis.teknologi.kesehatan.mckesson.corporation 100x100 - Kisah Sukses McKesson Corporation : Gemilang Berkat Fokus pada Bisnis Kesehatan

Kisah Sukses McKesson Corporation : Gemilang Berkat Fokus pada Bisnis Kesehatan

P 8 August 2018 ,

Seri Artikel Cerita Bisnis McKesson Corporation merupakan perusahaan asal Amerika Selatan yang mendistribusikan obat-obatan ke ritel-ritel. Selain itu, mereka menyediakan teknologi informasi kesehatan, pasokan medis, dan alat pengelolaan perawatan. Perusahaan tersebut berhasil meraih pendapatan hingga USD 190 milliar pada tahun... Selengkapnya)

peluang.bisnis.waralaba.kebab .turki .baba .rafi  100x100 - Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan dari Kebab Turki Baba Rafi

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan dari Kebab Turki Baba Rafi

P 8 August 2018 , ,

Kebab Turki Baba Rafi merupakan salah satu brand usaha di Indonesia yang dikenal telah menjadi merek internasional dengan keberhasilannya menembus pasar di Malaysia dan Filipina. Dengan mengandalkan Kebab sebagai produk utama bercita rasa khas dengan rasa original, kini Kebab Turki... Selengkapnya)

brand - Peluang Bisnis Waralaba 27 Lembaga Kursus

Peluang Bisnis Waralaba 27 Lembaga Kursus

P 8 August 2018 , ,

Anda menyukai dunia pendidikan, dan ingin memulai bisnis di bidang edukasi dengan membuka lembaga kursus ? Berikut ini adalah daftar peluang bisnis waralaba yang berisikan 27 lembaga kursus di Indonesia yang dapat Anda ambil kesempatan dan peluang kerjasamanya : Edutimes... Selengkapnya)

yes - Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

Mantan Buruh Pabrik, Tujuh Kali Pindah Kontrakan, Kini Punya 11 Perusahaan

P 8 August 2018 , ,

Eddy Sukirman datang ke Jakarta hampir 40 tahun silam. Ia datang dari kampung halamannya di Gunung Kidul. Berasal dari daerah nan tandus tersebut ia menggenggam cita-cita sederhana : menjadi buruh pabrik. Kini Eddy Sukirman (37) memiliki 12 perusahaan di bawah... Selengkapnya)