Ide Usaha Cafe Skala Kecil

Yes, Bila kebetulan anda mempunyai rumah dengan halaman yang luas, mengapa tidak menjalankan usaha cafe kecil-kecilan?  

ide-usaha-cafe-modal-kecil Ide Usaha Cafe Skala Kecil
usaha cafe

Ide ini didapatkan dari milis Dunia Wirausaha berdasarkan pertanyaan salah satu membernya yang memiliki halaman rumah cukup luas. “Beruntung”nya lagi, lokasi rumahnya berdekatan dengan sebuah SMP.

Beberapa Tips yang Direkomendasikan

Berdasarkan target market anak sekolah, maka kemungkinan besar mereka tidak menyukai minuman kopi layaknya sebuah cafe umum, sehingga lebih direkomendasikan untuk menyediakan minuman soda/soft drink, yoghurt dan juice.

Menu a la cafe dengan harga anak SMP. Selain itu untuk menu makanan yang disarankan adalah berupa bubur ayam mengingat jenis makanan ini banyak diserbu para remaja dan termasuk kategori makanan ringan setengah berat yang bisa dinikmati sambil minum minuman dingin atau hangat sambil ngobrol dan mendengarkan musik.

Rekomendasi dalam hal pelayanan perlu diperhatikan kecepatan dan melayani dan menyajikan makanan, keramahan pramusaji serta suasana dan dekorasi kafe yang nyaman sebagai tempat kumpul anak SMP. Untuk penggunaan slogan disarankan yang berasosiasi dengan kata “Nongkrong” atau “Kumpul-Kumpul Bareng” atau “Hangout” yang relatif Pas untuk ABG.

Jam Buka dan Tutup Cafe

Tidak kalah pentingnya adalah penentuan masalah jam/waktu yang diharapkan dapat mengundang pengunjung paling banyak.

Misalkan : saat jam istirahat makan siang atau sepulang sekolah. Atau mungkin malam minggu.

Bagaimana dengan  hiburan ? haruskah disediakan ?

ide-usaha-cafe-modal-kecil Ide Usaha Cafe Skala Kecil
sediakan gitar unplugged

Untuk itu kita perlu mengamati perilaku anak-anak ABG saat kumpul, dimana mereka pada umumnya lebih senang mengobrol ketimbang menikmati live music misalnya. Berdasarkan hal ini, maka hiburan yang disediakan dapat berupa TV Cable yang paling sering menyiarkan channel musik. Atau kalaupun ingin menyediakan sarana untuk live music, sediakan sarana untuk “tampil” secara kecil-kecilan dengan sedia alat musik seperti gitar misalnya, sehingga mereka bisa tampil unplugged.

Terpenting dari semua ini adalah bagaimana kita bisa menampilkan citra kafe yang Positif sehingga mendapatkan respon yang baik, bukan hanya dari pelanggan kafe, tetapi juga dari orangtua mereka dan lingkungan sekitar.

Jangan lupa sediakan pula paket ulang tahun, atau inovasi lain seperti menyediakan sebuah tempat dimana mereka bisa mengolah sendiri aneka jus, atau minuman lengkap dengan mixer dan hiasan lalu adakan lomba minuman paling enak dan kreatif minggu ini :). Ide-ide ini dapat dilaksanakan jika Anda berniat membuka usaha cafe kecil-kecilan.

Sudah mendapatkan ide dari informasi ini ?

Semangat! berbisnis ya sobb ..

@ SaatnyaJadiPengusaha.Com

sumber tulisan : Milis Dunia Wirausaha & Ebook Kumpulan 46 Ide Usaha dan Investasi
Download Ebook Bisnis & Internet Marketing klik disini
Gabung fan page Saatnya Jadi Pengusaha Klik Disini
PS : Cari ilmu & mentor buat belajar bisnis dan internet marketing ? Yuk! belajar langsung dari ahlinya klik disini >> BelajarDariAhlinya.Com
Artikel ini ditulis kembali oleh Pindar
Penyuka dunia usaha. Blogger, travelpreneur & internet marketer
Add me @ http://facebook.com/pindarnurcahya
Follow @ twitter.com/pindarnurcahya