Ide Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Ikan Sidat

Seri artikel ide bisnis – peluang usaha agribisnis

Indonesia adalah surganya ikan sidat.

Hal ini terungkap dari berlimpahnya bibit ikan sidat di seluruh wilayah Indonesia dan jenisnya pun sangat beragam. Indonesia juga dikenal sebagai tempat yang ideal untuk pembudidayaan ikan sidat. Dari 18 jenis ikan sidat di dunia, 7 diantaranya terdapat di Indonesia (berdasarkan sumber : Budidaya Ikan Sidat). Tidak heran jika banyak negara berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan sidat dari Indonesia.

Kapasitas Produksi dan Potensi Bisnis Ikan Sidat

ide-dan-potensi-bisnis-peluang-usaha-agribisnis-peternakan-budidaya-ikan-sidat Ide Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Ikan Sidat
budidaya ikan sidat

Kapasitas produksi ikan sidat (anguilla spp) di Indonesia diproyeksi mencapai 12.000 ton, akan tetapi realisasi produksi tercatat hanya sebesar 500 ton. Ini berarti baru tercapai sekitar 4% dari kapasitas total produksi yang diharapkan. Padahal permintaan terus mengalir dari Jepang, Korea, Taiwan, Australia dan Amerika.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Indonesia didapatkan informasi bahwa permintaan sidat untuk memenuhi kebutuhan supermarket di beberapa kota besar di Indonesia sendiri mencapai 3 ton per bulan.

Dari kebutuhan sebanyak itu, selama ini baru terpenuhi sekitar 10% nya saja.

Mengapa Ikan Sidat Banyak Diburu ?

Meski tidak sedikit yang merasa “jijik” dengan bentuknya, namun ternyata ikan sidat ini diyakini memiliki banyak khasiat. Beberapa di antaranya adalah :

  • Mempertahankan tekanan darah normal,
  • Mampu meningkatkan fungsi konsentrasi dan daya ingat,
  • Meningkatkan vitalitas,
  • Mengandung Omega 3 tinggi,
  • Mencegah penuaan dini.

Tidak heran jika ikan sidat sangat diburu oleh bangsa Eropa dan orang Jepang dan negara-negara Asia Timur karena selain beberapa khasiat di atas, ikan sidat juga diyakini mampu meningkatkan kepintaran dan tinggi badan. Di Jepang dan Eropa, sidat digemari karena memiliki kandungan protein, terutama vitamin A.

Berbagai kelebihan ini membuat ikan sidat memiliki potensi besar sebagai peluang usaha agribisnis baik untuk memenuhi pasar dalam negeri maupun mancanegara. Kebutuhan pasar dunia akan sidat mencapai sekitar 300.000 ton. Dan khusus di Jepang, permintaannya mencapai 120.000 ton per tahun. PELUANG BESAR !!

Mempelajari Rahasia Sukses Budidaya Ikan Sidat

Untuk mengetahui langkah-langkah dalam melakukan budidaya ikan sidat, Anda bisa mempelajarinya melalui berbagai buku atau seminar. Salah satu panduan bisnis yang bisa Anda pilih adalah buku dan cd tutorial Rahasia Sukses Budidaya Ikan Sidat yang secara serius membahas khusus tentang cara budidaya ikan sidat.

ide-dan-potensi-bisnis-peluang-usaha-agribisnis-peternakan-budidaya-ikan-sidat Ide Peluang Usaha Agribisnis Budidaya Ikan Sidat
Buku dan CD tutorial rahasia sukses budidaya ikan sidat. KLIK pada gambar untuk informasi lebih lengkap

 

Jika Anda memang menyukai dunia perikanan, dan tertarik untuk mengembangkan peluang usaha agribisnis, maka bisa jadi budidaya ikan sidat ini cocok untuk Anda jalankan sebagai salah satu pintu pembuka rezeki bisnis Anda.

Jadi, tertarik untuk mencoba peluang usaha agrobisnis ini ?

===============

Berbagi ide, inspirasi dan peluang usaha

www.SaatnyaJadiPengusaha.com
” Jangan BERHENTI! sebelum BERUSAHA “

Download Ebook Gratis & Gabung Newsletter Peluang Usaha klik disini
Gabung fan page Saatnya Jadi Pengusaha klik disini