KampungBisnis adalah tempat pasang iklan bisnis dan lowongan kerja. Silakan gabung dan promosikan produk Anda disini. Mudah pengaturannya, penggunaannya dan cara kerjanya.
Beranda » Peluang Bisnis » Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKM

Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKM

P Iklan ini diterbitkan pada: 7 September 2015 , Kategori:

  • Nomor Iklan: 2893
  • Dilihat: 719 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua iklan dari member ini - 461 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKM

Beberapa waktu lalu sudah dishare tentang Bantuan Dana Usaha Bagi Wirausaha Pemula Dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Support dari Kementerian ini tentunya dapat menjadi angin segar bagi para pemilik dan pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk bisa mengembangkan bisnisnya bahkan mungkin sampai ke pasar ekspor.

Namun sayangnya tidak banyak juga yang mengetahui bagaimana sih mekanisme yang harus ditempuh supaya dapat melakukan ekspor ? Selain cara-cara tertentu seperti yang dijabarkan oleh Panduan Bisnis Ekspor Online, secara resminya ada 4 langkah yang harus dilakukan supaya sebuah produk bisa diekspor ke luar negeri.

saatnya-jadi-pengusaha-150x150 Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKM4 langkah bisnis ekspor ini dijabarkan oleh Ari Satria selaku Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan, dan dikutip melalui sumber dari bisnis.com.

Apa saja 4 langkah untuk menembus pasar ekspor tersebut ?

Berikut uraiannya ya sobb :

  • Persiapan Administrasi

Sebagai badan usaha yang akan melakukan bisnis internasional tentunya harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Sebuah kantor yang bersifat permanen atau memiliki kontrak dalam jangka waktu yang panjang beserta perlengkapan dan peralatan pendukung lainnya diperlukan dalam menunjang aksi pelebaran sayap bisnis ini.

Selain itu, pelaku usaha juga harus memiliki jaringan komunikasi dan tenaga operasional yang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, serta menyiapkan Company Profile yang berfungsi sebagai bahan informasi dan promosi kepada calon pembeli.

  • Legalitas sebagai Eksportir

Calon eksportir juga harus mempersiapkan legalitas yang dibutuhkan untuk mengekspor produknya. Beberapa persyaratan yang harus disiapkan antara lain : Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pokok (NPWP), serta dokumen lan yang dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-udangan yang berlaku.

Setelah persyaratan di atas dipenuhi, pelaku usaha juga harus menyiapkan dokumen lainnya seperti Kontrak Penjualan, Faktur Pedagangan, Letter of Credit (L/C), Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Bill of Lading (N/L) polis asuransi, packing list, Surat Keterangan Asal, Surat Pernyataan Mutu, dan Wessel Export untuk eksportir.

  • Persiapan Produk Ekspor

Sambil melengkapi persyaratan di atas, pelaku usaha sebelumnya harus dapat mengetahui ketentuan persyaratan internasional atau ketentuan permintaan pasar luar negeri, misalnya kuantitas, kualitas, pengemasan, pelabelan, pendanaan dan waktu pengiriman.

Pelaku usaha juga harus mengkalkulasi biaya-biaya yang diperlukan mulai dari ongkos produksi hingga pemasaran, sehingga bisa menetapkan harga jual produk. Selain itu, pelaku usaha juga harus bisa memastikan produksi yang kontinyu, sehingga tidak akan kelimpungan saat mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar.

  • Persiapan Operasional

Selain persyaratan di atas,  pelaku usaha juga harus memperhatikan hal operasionallainnya, seperti proses ekspor, prosedur dan dokumen ekspor, Serta mulai mengenali kebijakan dan peraturan ekspor-impor, serta strategi ekspor.

Mengikuti Pelatihan

Untuk mengetahui bisnis ekspor secara lebih mendalam, saat ini para pelaku usaha bisa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan di Pusat Pelatihan Ekspor Daerah yang saat tulisan ini dimuat sudah ada di lima deaerah. Pelatihan tersebut dipandu oleh para praktisi, sehingga materi yang diberikan bisa secara teknis. Dengan keberadaan Pusat Pelatihan Ekspor Daerah ini maka para pelaku usaha tidak perlu ikut pelatihan ke Jakarta.tersebut dipandu oleh para praktisi, sehingga materi yang diberikan bisa secara teknis.

Kendala yang Muncul Dalam Upaya Bisnis Ekspor

Meski sudah banyak pelatihan yang diupayakan pemerintah untuk mendorong cara bisnis ekspor, namun diakui bahwa masih banyak kendala lain yang dihadapi para pelaku usaha. Di antaranya, para pelaku kurang mampu dalam melakukan komunikasi bisnis dengan calon pembeli (padahal ada cara untuk menguasai Bahasa Inggris secara lebih mudah lho, klik disini >> Belajar Bahasa Inggris Otodidak), Selain itu, banyak juga yang belum tahu arti penting kontrak bisnis yang harus dilakukan secara cermat untuk menghindari perselisihan dagang (belajar negosiasi bisnis

Para pelaku usaha juga belum secara maksimal memanfaatkan keberadaan lembaga pemerintah di dalam dan luar negeri untuk mempromosikan produk serta berkonsultasi terkait peluang pasar.

Meski demikian, para pelaku usaha juga terus didorong untuk mengikuti berbagai program dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan Kementerian Perdagangan, misalanya layanan satu pintu Customer Service dan Designer Dispatch Service.

Dengan menjadi anggota dari layanan satu pintu tersebut, pelaku usaha dapat memperoleh berbagai layanan seperti melakukan promosi, mendapatkan hasil riset pasar, dan permintaan hubungan dagang yang dikirimkan oleh para Perwakilan Perdagangan Indonesia di luar negeri maupun KBRI.

Membidik Selera Pasar

Di sisi lain, dengan berbagai dukungan yang diberikan, para pelaku usaha juga harus menyesuaikan produknya dengan selera pasar yang dibidik. Mulai dari desain produk, preferensi konsumen, termasuk mengenai standar produk serta kebijakan perdagangan yang berlaku. Selain itu pelaku usaha juga harus mengubah mindset menjadi aktif, agresif dan kreatif, dari awalnya menunggu pembeli menjadi menjemput pembeli.

Mengingat #MEA2015 semakin dekat, mari tetap semangat untuk membuka dan mengembangkan peluang wirausaha di negeri sendiri.

Semangat dan sukses sobat wirausaha ..

Sumber: Bisnis.com

Jadikan bermanfaat.

Bagikan tips cara bisnis ekspor ini agar dibaca oleh keluarga, saudara dan teman-teman Anda melalui social media facebook, twitter, instagram.
==================================================================
saatnya-jadi-pengusaha-150x150 Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKMArtikel ini ditulis kembali oleh : Paman Pin, blogger, affiliate marketer, penggiat wirausaha & socio-preneur-shop. Add FB bisnis Paman Pin disini atau follow twitter klik disini.
www.SaatnyaJadiPengusaha.com
by Saftamedia (Marketing & Entrepreneur’s Corner)
Selain produk informasi peluang usaha di blog SaatnyaJadiPengusaha.com, Saftamedia juga mengelola beberapa blog, grup dan fp berikut :

 

? Tags Wilayah: ,,,,,
Perhatian! KampungBisnis.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Iklan Terkait Ini Dia Mekanisme 4 Langkah Untuk Tembus Bisnis Ekspor Bagi UMKM

6 Nasehat Jack Ma Tentang Cara Menjadi Pengusaha Sukses

P 6 July 2015 , U ? ,

Hai sobat Saatnya Jadi Pengusaha ..Kenal dengan Jack Ma ? Tentu tau dong dengan nama pebisnis populer ini. Jack Ma (51 tahun) merupakan seorang pengusaha... Selengkapnya)

Mencari Bisnis dan Peluang Usaha ?

P 1 May 2016 , U ? ,

Kesempatan dalam bisnis adalah seperti sebuah bis. Akan selalu ada bus yang datang silih berganti. (Richard Branson) Ya sobat SaatnyaJadiPengusaha, Bagi sebagian dari kita, memulai... Selengkapnya)

Seminar Bisnis Online Genjot Omzet dari Internet

P 20 March 2015 , U ? ,

” Pelajari Trik & Cara Gampang Kebanjiran Order dari Internet Bersama Pakarnya Langsung “ Jika sebelumnya sudah ada info Workshop Bisnis Seharian Belajar Online Copywriting maka... Selengkapnya)