KampungBisnis adalah tempat pasang iklan bisnis dan lowongan kerja. Silakan gabung dan promosikan produk Anda disini. Mudah pengaturannya, penggunaannya dan cara kerjanya.
Beranda » Peluang Bisnis » Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup Sederhana

Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup Sederhana

P Iklan ini diterbitkan pada: 7 July 2015 , Kategori:

  • Nomor Iklan: 2372
  • Dilihat: 1030 kali

  • U Hubungi Pengiklan
  • Nama:
  • Domisili: ,
  • Lihat semua iklan dari member ini - 461 iklan
  • Tips: Lakukan transaksi dengan cara bertemu langsung dengan penjual dan mari bersama kita bangun budaya jual-beli yang aman dan sehat
  • Ingat! Hindari membayar dimuka & hati-hati dengan iklan yang tidak realistis.

Deskripsi ] Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup Sederhana

Seri Artikel Kisah Sukses Pengusaha

Pernah Jatuh Miskin Sebanyak Dua Kali Dalam Hidupnya, Konglomerat Sulaiman Ar Rajhi Memilih untuk Kembali Hidup Sederhana di Masa Tua …

kisah-sukses-pengusaha-sulaiman-ar-rajhi-hidupsederhana-150x150 Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup SederhanaPria bernama lengkap Sulaiman Abdul Aziz Ar Rajhi ini lahir di Jeddah, tahun 1920. Dia tidak lahir dari keluarga kaya, melainkan keluarga sederhana saja. Hal ini pula yang menyebabkan jenjang pendidikan yang dienyamnya hanya sampai lulus pada tingkatan Sekolah Dasar.

Kondisi penuh kemiskinan ini membuat dia bersama dua saudara laki-lakinya berjuang sekuat tenaga mencetak pundi-pundi uang. Bersama dua saudara kandungnya tersebut, Ar Rajhi berhasil mendirikan bank syariah terbesar di dunia, Al Rajhi Bank.

Dari sejumlah perusahaan dan industri perbankan yang didirikannya, Ar Rajhi juga aktif berinvestasi di bursa saham Arab Saudi. Dia berhasil meyakinkan perbankan di wilayah Eropa dan Amerika untuk ikut bekerja sama di bidang perbankan syariah dan terus berhasil menambah jumlah kekayaannya.

Awal Mula Kejayaan Bisnis :
Kisah Sukses Pengusaha Sulaiman Ar Rajhi

Memulai Bisnis Penukaran Uang untuk Para Pendatang

Pada jaman dahulu, ada banyak sekali pendatang yang lalu lalang di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Para pendatang itu dinamakan Pilgrims, yang juga dapat disebut sebagai petualang yang berkeliling dari satu negara ke negara lainnya untuk berdagang atau menawarkan jasa. Sulaiman dan saudaranya, Saleh melihat kesempatan ini, mereka mencoba menjadi orang pertama yang harus dituju para pilgrims karena rata-rata para pilgrims ini tidak memiliki mata uang Arab Saudi, dan Sulaiman menawarkan jasa pertukaran uang.

Ternyata usaha Sulaiman ini berhasil, dia bahkan mempunyai tokonya sendiri dari yang sebelumnya harus berkeliling mencari para pilgrims. Karena banyak sekali perputaran uang di usahanya tersebut, Sulaiman pun harus sering bolak-balik ke bank. Dan karena tidak ingin ribet bolak-balik, Sulaiman ingin memiliki bank sendiri.

Mengembangkan Usaha dengan Membuat Al Rajhi Bank

Saat hendak mengembangkan usahanya dengan membuat bank ini, Sulaiman harus mempelajari sendiri tentang ekonomi secara Islam. Untuk itu Sulaiman pun membandingkan bagaimana cara kerja bank di Eropa atau di dunia dengan bank secara Islam. Walaupun banyak perbedaan, akan tetapi Sulaiman tetap bersikeras membuat bank sendiri sesuai ajaran agamanya, yaitu Islam. Al Rajhi Bank pun didirikan oleh Sulaiman pada tahun 1958. Dalam perkembangannya, pada tahun 2006 Bank Al Rajhi dinobatkan sebagai bank Islam terbesar di seluruh dunia.

Super Kaya Tapi Bergaya Hidup Sederhana 

Kekayaan Sulaiman Al Rajhi sempat ditaksir sebesar 7,7 milliar dollar atau sebesar 70 triliun rupiah.

Meskipun tergolong sangat sukses, namun Sulaiman Ar Rajhi yang kini berusia di atas 90 tahun, kini sudah kembali hidup sederhana..

Bukan berarti bahwa ia sudah bangkrut, akan tetapi semua tumpukan harta kekayaan, properti atau saham-saham yang dimilikinya sudah dilimpahkan kepada anak-anaknya. Sebaliknya, beliau lebih memilih untuk hidup sederhana dengan pakaian yang sehari-hari yang ia kenakan.

Hanya satu alasan yang membuat Al Rajhi memutuskan untuk hidup sederhana, sesuai dengan keyakinan yang dianutnya, yaitu bahwa seluruh kekayaan di muka bumi ini adalah milik Allah semata. Bagi Al Rajhi, manusia yang dipercaya untuk menjaganya dan tidak pantas merasa memilikinya.

7 Fakta Tentang Sulaiman Ar-Rajhi

Berdasarkan sebuah sumber, dapat disebutkan 7 fakta tentang pengusaha Sulaiman Ar-Rajhi ini, yaitu :

  1. Majalah Forbes menyebutkan kekayaannya 5,9 milyar Dollar dan orang terkaya no 120 di dunia, tetapi beliau tetap tampil dengan sederhana, berpakaian jubah putih bersih yang jauh dari kesan glamour dan berlebihan.
  2. Beliau memulai usaha dari Nol, kehidupan masa kecilnya sangat susah hingga pernah bekerja jadi kuli panggul dan menjual kayu bakar di masa kanak-kanaknya. Tetapi dengan ketekunan, hemat dan kerja keras serta tawakkalnya kepada Allah hingga akhirnya beliau dan saudaranya memiliki “Kerajaan Bisnis Raksasa” di KSA dan salah satunya adalah Bank Ar-Rajhi; Bank syariah terbesar di Dunia yang ATM nya tersebar menjamur dan cabangnya terdapat nyaris di semua distrik KSA.
  3. Sangat-sangat dermawan, memiliki Yayasan Amal “raksasa” yang menyalurkan donasinya ke berbagai Negara –sebelum dilarang pasca 11 septmber 2002- sulit menghitung waqaf beliau dan jumlah masjid yang telah dibangunnya, serta donasinya untuk berbagai amal dakwah dan penyebaran ilmu.
  4. Tidak meletakkan kekayaan di hatinya, Bahkan di masa tuanya kini beliau telah membagi sekitar 6,7 trilyun hartanya kepada ahli waris dan kerabatnya serta fakir miskin hingga diibaratkan hanya memilih “pakaian yang melekat di badan” dan asset bisnis yang dikelola para professional yang hasilnya untuk amal social dakwah Islam. Lahir tanpa membawa apa-apa dan siap tidak tergantung pada harta sebelum meninggal.
  5. Dari tetangga dan orang yang tinggal di lingkungannya disampaikan bahwa konglomerat kelas kakap ini selalu termasuk orang-orang yang datang paling awal ke masjid untuk sholat 5 waktu berjamaah, sehingga jika muadzin masjid telat sedikit maka sang konglomeratlah yang adzan.
  6. Diantara masjid yang dibangunnya adalah Masjid Ar-Rajhi di distrik Rabwah, masjid ini terbesar ketiga setelah Masjidil Haram Mekah dan Madinah. Bisa menampung 18 ribu jamaah sholat, terdapat berbagai sarana pelayanan masyarakat seperti pusat pemandian dan pengurusan jenazah terbesar di Riyadh, Auditorium untuk seminar dan ceramah agama, perpustakaan berisi 40 ribu jenis buku, tempat tinggal bagi para penuntut ilmu yang datang dari luar kota untuk mengikuti berbagai kajian Islam, menyediakan air zamzam sebagai minuman jamaah dengan kuota 400 galon perminggu, dsb. Dan saat sholat jum’at di lantai dasar dikhususkan untuk sholat jum’at orang asing dimana khutbah langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa ; termasuk bahasa isyarat untuk jamaah yang tuna rungu dan tentu saja… bahasa Indonesia..
  7. Tambahan dari wikipedia : bahwa beliau saat ini hanya minta jatah buat makan sehari-hari saja dari usahanya, sampai beliau mati. Setelah mati maka jatah itu dihapus dan semua menjadi waqaf.

Demikian kisah sukses pengusaha Sulaiman Ar-Rajhi yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat menginspirasi ya..
Bagikan jika informasi ini bermanfaat untuk dibaca oleh keluarga, saudara dan teman-teman Anda.
==================================================================
kisah-sukses-pengusaha-sulaiman-ar-rajhi-hidupsederhana-150x150 Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup Sederhanawww.SaatnyaJadiPengusaha.com
artikel ini ditulis kembali oleh : -pindar-., blogger bisnis dan wisata pemilik akun bisnis Paman Pin. Penyuka dunia usaha dan pengelola media bisnis buku & produk digital Indonesia di cafebuku.com, Kaospreneur dan Mbah Muslim.
Add FB bisnis pindar disini
Follow twitter klik disini
================================================================
sumber-sumber : majalahpengusaha, studentpreneur, sumber di fb

? Tags Wilayah: ,,,
Perhatian! KampungBisnis.com selaku penyedia layanan situs pasang iklan baris tidak bertanggung jawab terhadap isi iklan. Harap berhati-hati dan bijaksana dalam menanggapi iklan yang menyesatkan. Segala materi/content iklan maupun banner iklan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemasang iklan tersebut.

r Iklan Terkait Sulaiman Ar-Rajhi, Milliarder Lulusan SD yang Lebih Suka Hidup Sederhana

Peluang Usaha Waralaba Bisnis Laundry Simply Fresh

P 16 February 2016 , U ? ,

Peluang Usaha Franchise dari Juaranya Laundry Kiloan! Sebuah ide usaha untuk Anda yang mencari peluang usaha waralaba laundry kiloan professional di Indonesia. Jika Anda sedang... Selengkapnya)

Bantuan Dana Usaha Bagi Wirausaha Pemula Dari Kementerian Koperasi dan UKM

P 26 August 2015 , U ? ,

Seri Artikel Info Seputar Bisnis Dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Dalam rangka pemberdayaan usaha mikro dan kecil pada tahun anggaran 2015, Kementerian Koperasi... Selengkapnya)

Peluang Usaha Reseller atau Dropshipper Minuman Coklat Kakakoa

P 29 August 2016 , U ? ,

Seri Peluang Usaha Modal Kecil SaatnyaJadiPengusaha.com – Bagi Ada para mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun karyawan yang hobi menggunakan social media, ini adalah salah satu peluang... Selengkapnya)